Minggu, 12 Februari 2012

Kronologi

Suatu saat ada pertengkarang kecil antara kakak beradik. Si adik menghilangkan barang kesayangan kakaknya yang 2 hari lalu dipinjam oleh si adik. Si adik lupa meletakkan barang itu dimana sehingga barang itu sekarang hilang, padahal barang itu sangat berarti. Ketika si kakak tau, akhirnya dia marah pada adiknya sehingga adiknya menangis.
Misal kita sebagai orang tua, siapa yang kita salahkan? Mungkin kebanyakan kita menjawab si kakak, karena kakak lebih tua harus mengalah pada si adik, si adik masih kecil dan dia juga gak sengaja menghilangkan barang itu. Tapi apakah itu benar??

Ada sebuah kecelakaan antara sepeda dengan sepeda motor, kecelakaan itu bermula karena si sepeda menyebrang tak melihat kanan dan kiri. Bagi sebagian masyarakat di tempat kejadian, mereka beranggapan bahwa si motor yang bersalah. Tapi apakah itu benar??

Dari dua kejadian di atas, apakah kita adil??Jangan menyalahkan seseorang berdasarkan besar kecilnya jabatan,kedudukan ataupun harta yang dimiliki, Tapi bisakah kita adil? Nilailah suatu kejadian berdasarkan kronologi. Dengarlah penjelasan dari dua belah pihak. Kejadian seperti ini dapat membuat seseorang sakit hati bahkan kepaitan, karena mereka tak merasa bersalah tetapi harus disalahkan oleh berbagai pihak.

So...STOP!! menilai perkara atau sutu kejadian karena kedudukan, jabatan atau harta. Tapi nilai setiap perkara berdasarkan kronolgi (kejadian yang sesungguhnya). Tuhan kita adalah Tuhan yang adil, bisakah kita meniru seperti itu??
FBU^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar